Cara Cari Kost untuk Mahasiswa Rantau

Spread the love

Meneruskan jenjang pendidikan sampai ke tingkat universitas merupakan pilihan yang banyak dijalani oleh anak muda yang baru saja menyelesaikan pendidikan di jenjang SMA atau SMK sederajat. Tujuan mereka secara umum adalah untuk menunjang serta meningkatkan daya saing dalam mendapatkan pekerjaan. Kita tahu bahwa persyaratan minimal untuk memperoleh pekerjaan dengan posisi dan gaji yang menjanjikan adalah pendidikan terakhir S1.

Pilihan program studi juga cukup berpengaruh untuk membuka kesempatan kerja. Selain melihat jurusan program studi, tak sedikit perusahaan yang memberikan nilai tambah bagi mahasiswa berasal dari lulusan universitas terbaik dan terkemuka. Untuk bisa masuk ke universitas terbaik dan jurusan yang kompetitif untuk masa depan di mana universitas dengan semacam itu biasanya terdapat di kota-kota besar, maka merantau menjadi sebuah pilihan bagi orang yang mengejar cita-citanya.

Pada saat memutuskan merantau, akan sangat penting untuk tahu cara untuk mencari kost untuk anak mahasiswa rantau. Berikut ini akan kita ulas mengenai hal tersebut.

Dua Cara Umum Mencari Info Kost

Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mencari kost bagi mahasiswa yang berada di tanah rantau. Cara pertama yang paling mudah adalah dengan browsing melalui internet. Cari tahu lewat Google Maps tentang peta kampus yang Anda tuju. Kemudian cobalah untuk mencari lokasi kost yang terdekat dengan kampus Anda. Biasanya di Google Maps juga ada foto lokasi, review atau penilaian kondisi kost tersebut serta rekomendasi dari beberapa orang yang pernah berkunjung ke sana.

Cara kedua adalah Anda langsung pergi ke lokasi kampus Anda dan secara langsung berkeliling untuk menemukan kosan sesuai dengan keinginan. Biasanya ada banyak orang yang membuka jasa memberikan informasi mengenai kost-kost yang tersedia di wilayah tersebut. Tak ada salahnya jika Anda ingin menggunakan jasa tersebut.

Bisa juga Anda minta untuk diantar oleh orang yang menyediakan info untuk bisa lihat lokasi, situasi dan kondisi kost secara langsung. Ini akan lebih meyakinkan karena Anda bisa melihat sendiri bagaimana kondisinya, dan Anda akan lebih cepat mendapat kost jika dibanding cara sebelumnya, sebab kemungkinan besar pada saat Anda baru browsing, sudah ada orang lain yang masuk ke kosan tersebut.

Beberapa Hal Penting yang Harus Dicek Sebelum Memilih Kost

Pada saat Anda sedang menggali info bersama si penyedia info kost di kawasan kampus, pastikan bahwa Anda menanyakan dan memastikan beberapa hal di bawah ini :

  • Akses yang Mudah dan Nyaman

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah akses serta jarak kosan ke kampus yang mudah dan dekat. Kemudahan akses yang dimaksud di sini adalah tidak cuma dekat, tetapi juga ketersediaan angkutan yang banyak serta rute yang mudah untuk diingat. Jarak yang dekat juga akan memudahkan Anda untuk menghemat biaya transportasi karena Anda bisa ke kampus hanya dengan berjalan kaki atau bersepeda. Akses penting lainnya adalah kemudahan dan banyaknya toko atau warung makan di sekitar kost Anda yang menyediakan kebutuhan sehari-hari. Kost di area kampus biasanya lingkungannya seperti itu.

  • Adanya Fasilitas Kost yang Memadai

Kedua adalah mencari kost dengan ketersediaan fasilitas yang memadai di dalamnya. Fasilitas yang perlu Anda perhatikan adalah kamar, kamar mandi yang bersih, tersedianya WIFI. Cek kondisi kamar yang akan Anda gunakan. Apakah kondisi atapnya baik dan tidak bocor? Cek arus listrik di kamar tersebut, apakah bisa berfungsi dengan baik? Kondisi lantai tidak ada yang rusak dan apakah sudah tersedia tempat tidur dengan kondisi yang layak dan nyaman digunakan.

Cari tahu mengenai ketersediaan air di kost yang Anda tuju. Pastikan bahwa airnya lancar dan bersih. Tak hanya airnya, kondisi kamar mandi atau WC juga harus terawat dengan baik dan dibersihkan secara rutin. Jangan sampai kloset kost Anda bermasalah dan mampet, kondisi semacam itu sangat tidak nyaman dan bisa mengganggu penghuni kost lain juga.

Apakah ada WIFI di kost tersebut? Sebab WIFI kini menjadi kebutuhan yang cukup substansial, dan sangat membantu dalam mengerjakan tugas perkuliahan dan lain sebagainya. Cobalah untuk membangun system yang jelas antara para penghuni kost mengenai pembayaran biaya internet bulanan. Jika menggunakan WIFI di kost, memerlukan pengumpulan uang secara kolektif karena digunakan oleh semua penghuni kost. Hal seperti ini juga terkadang menjadi sensitif dan rawan menyebabkan hubungan yang kurang enak dengan penghuni kost lain.

Itulah beberapa hal yang penting untuk diperhatikan pada saat Anda memilih kost yang akan Anda huni selama Anda merantau di tempat lain untuk menimba ilmu di universitas yang tempatnya jauh dari daerah asal Anda. Semua hal di atas bertujuan agar Anda bisa merasa betah meski jauh dari orang tua, dan bisa fokus untuk mengejar cita-cita. Jangan sampai ketidaktahuan mengenai cara mencari kost yang ideal membuat Anda menyerah di tengah jalan.