Tips Memilih Rumah di Lokasi Strategis

Spread the love

Anda mungkin banyak menemukan ulasan mengenai bagaimana cara untuk membuat rumah menjadi nyaman untuk ditinggali. Kemudian cara untuk membuat desain interior dan eksterior rumah agar rumah nampak indah dan membuat nyaman. Lalu bagaimana dengan cara atau strategi untuk menemukan lokasi rumah yang strategis?

Tips Memilih Rumah Yang Lokasinya Strategis

Kita tahu bahwa menemukan lokasi yang strategis adalah hal penting yang akan menentukan seberapa mudah akses kita menuju ke tempat yang berhubungan dengan kebutuhan hidup sehari-hari. Kali ini kita akan mengulas tips memilih lokasi rumah yang strategis, dan berikut adalah ulasannya:

  • Akses Lokasi Mudah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, akses adalah satu poin yang amat penting saat kita ingin membeli sebuah rumah di area perumahan. Meski banyak perumahan dengan penawaran fasilitas di dalam rumah sampai memberikan desain rumah modern, akan tapi akses untuk mobilitas ke luar dan dalam kawasan perumahan masih cukup sulit dijangkau, misalnya jalan yang rusak serta berlumpur. Penempatan lokasi yang baik untuk perumahan seharusnya memiliki akses untuk kendaraan yang mudah, entah itu kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Kriteria untuk sebuah akses yang baik serta menguntungkan dalam jangka waktu yang panjang adalah akses menuju perumahan yang dekat dengan pintu tol sehingga akan memudahkan mobilitas para penghuni. Ini akan sangat berbeda, apabila Anda memilih tempat tinggal di kawasan perumahan yang jaraknya jauh dari pusat alat transportasi maupun jalan tol sebab harga di tempat semacam itu termasuk murah.

  • Kawasan Transit Oriented Development

Kawasan yang Transit Oriented Development atau disingkat TOD adalah konsep penggabungan penggunaan lahan perumahan, perdagangan, penyedia jasa, area perkantoran, area terbuka, serta ruang publik yang akan mempermudah masyarakat dan juga pengguna saat melakukan perjalanan, baik itu berjalan kaki, menaiki sepeda, atau menggunakan transportasi umum. Kebanyakan perumahan yang menerapkan konsep TOD umumnya berada di tengah kota maupun pinggiran kota, akan tetapi masih terintegrasi dengan transportasi untuk publik layaknya LRT.

  • Fasilitas Publik Tersedia Lengkap

Tips memilih lokasi rumah yang baik lainnya adalah memilih yang dekat dengan banyak fasilitas umum. Ketersediaan fasilitas umum merupakan poin terpenting yang harus Anda perhatikan, terlebih lagi jika tujuan Anda saat membeli rumah yaitu untuk memperoleh kenyamanan, keamanan, dan kemudahan. Bisa menemukan perumahan dengan ketersediaan fasilitas publik yang terjangkau memang menjadi impian bagi banyak orang. Ada beberapa fasilitas umum yang krusial dan wajib ada di bagian dalam atau luar area perumahan yaitu rumah sakit, pusat perbelanjaan, fasilitas pendidikan, dan tempat rekreasi.

  • Menghindari Area Rawan Bencana Alam

Mungkin Anda adalah salah satu orang yang punya impian untuk memiliki tempat tinggal atau rumah yang dekat dengan area pantai maupun daerah pegunungan karena dengan begitu Anda bisa menikmati pemandangan yang indah dan menakjubkan setiap hari. Walau begitu, Anda perlu sadar bahwa kawasan semacam itu bisa mengancam Anda serta keluarga. Kawasan tersebut berpotensi menjadi area rawan bencana alam misalkan erupsi, gempa, badai, sampai banjir rob.

Melihat pertimbangan tersebut, maka lebih baik memilih lokasi perumahan yang bebas ancaman bencana alam seperti banjir yang sering kali terjadi di area perkotaan pada saat masuk musim hujan. Cara termudah untuk tahu apakah perumahan tersebut bebas banjir yaitu dengan memperhatikan sistem drainase yang terpasang, cara kelola sampah, tahu kondisi tanah, sampai memperkirakan jarak masing-masing rumah. Apabila Anda tidak melakukan langkah tersebut, Anda bisa memilih perumahan dengan penerapan konsep yang ramah lingkungan yang dipastikan aman, bebas banjir dan juga punya resapan air yang bekerja.

  • Dekat dengan Pusat Bisnis

Wilayah yang dekat dengan pusat bisnis biasanya ramai dan juga sibuk. Kawasan seperti itu bisa Anda jadikan pertimbangan saat memilih lokasi rumah terbaik. Di samping lokasi yang strategis, kebanyakan pusat bisnis sudah dilengkapi berbagai macam fasilitas publik terbaik dan juga akses yang sangat mudah.

Kondisi semacam itu banyak menarik orang untuk mencari rumah di perumahan dengan jarak yang tidak terlampau jauh. Terlebih jika Anda adalah pekerja yang harus serba fleksibel dan cepat. Lokasi rumah yang berdekatan dengan lokasi pusat bisnis harganya termasuk cukup mahal, tetapi itu sebanding dengan potensi naiknya nilai investasi di masa yang akan datang.

  • Lokasi Memiliki Keamanan yang Terjamin

Demi menghindari banyak hal yang tak diinginkan, sebaiknya Anda memilih lokasi rumah yang telah dilengkapi sistem keamanan dengan tingkat tertinggi, misal sistem satu pintu atau system dua pintu. Dilengkapi juga dengan kamera CCTV untuk pengawasan area perumahan selama 24 jam penuh di tiap sudut dan juga security profesional yang selalu siap siaga setiap saat.

Itulah beberapa tips memilih lokasi rumah strategis yang bisa Anda terapkan sebelum Anda memutuskan untuk membeli rumah impian Anda. Pastikan bahwa Anda menerapkan langkah-langkah di atas secara seksama, semoga membantu.