Mengenal Rumah Susun di Indonesia

Spread the love

Anda pasti sudah sering mendengar tentang rumah susun, terutama yang ada di kota besar seperti Jakarta. Apakah rumah susun itu? Pengertian dari rumah susun adalah sebuah bangunan dengan bentuk gedung yang bertingkat dan dibangun pada suatu lingkungan yang terdiri atas bagian struktur yang secara fungsional menuju ke arah horizontal atau vertikal.

Rumah susun ini adalah satuan rumah yang mana tiap rumah tersebut bisa dimiliki atau dibeli untuk digunakan dengan cara terpisah. Utamanya adalah sebagai tempat hunian atau tempat tinggal yang telah dilengkapi dengan fasilitas untuk bersama, barang milik bersama serta tanah bersama yang menggunakan sistem pengelolaan dengan menerapkan konsep kebersamaan.

Jenis Rumah Susun

Rumah Susun yang juga disingkat sebagai Rusun sering kali dikonotasikan sebagai sebuah apartemen dengan versi yang lebih sederhana. Meski sebenarnya apartemen model bertingkat itu sendiri juga bisa masuk kategori sebagai sebuah rumah susun.

Berikut ini adalah ulasan tentang berbagai jenis rumah susun, yaitu antara lain :

  1. Rumah susun untuk umum merupakan rumah susun yang dibangun sebagai upaya memenuhi kebutuhan ketersediaan rumah untuk masyarakat yang memiliki penghasilan tingkat menengah ke bawah dan juga untuk yang penghasilannya rendah. Pembangunan rusun ini mendapat kemudahan berupa bantuan dari pemerintah.
  2. Rumah susun untuk kalangan khusus merupakan rumah susun yang dibangun oleh lembaga negara maupun lembaga swasta dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan secara sosial.
  3. Rumah susun milik negara. Sesuai namanya rusun ini merupakan rumah susun milik negara dengan fungsinya sebagai rumah atau tempat hunian sebagai sarana penunjang pelaksanaan tugas para pejabat serta para pegawai juga beserta keluarga mereka.
  4. Rumah susun untuk komersial merupakan rumah susun yang dibangun untuk masyarakat dengan kondisi ekonomi yang mampu dan rumah susun itu bisa diperjual belikan mengikuti mekanisme dan system pasar. Misalnya adalah apartemen.

Pada pembangunan untuk rumah susun umum, lalu rumah susun khusus, kemudian rumah susun negara, serta rumah susun dinas adalah tanggung jawab dari pemerintah maupun pemerintah daerah.

Rumah Susun Sebagai Solusi Hunian di Wilayah Padat

Adanya realisasi dibangunnya rumah susun merupakan salah satu cara untuk mencari solusi terkait masalah pemenuhan kebutuhan terhadap permukiman layak dan perumahan yang ditempatkan di lokasi yang padat penduduk. Terutama di area perkotaan dengan jumlah penduduk yang selalu meningkat tiap tahunnya.

Sedangkan ketersediaan lahan semakin lama makin terbatas. Dengan membangun rumah susun tentu juga bisa berakibat terbukanya ruang di kota dan membuatnya jadi lebih renggang dan lega. Dalam hal ini juga dapat membantu proses peremajaan di kota, sehingga area yang kumuh dapat berkurang, lalu selanjutnya bisa menjadi wilayah yang lebih rapi, bersih serta teratur.

Konsep Bangunan Rumah Susun

Konsep pada pembangunan rumah susun adalah dengan membuat bangunan yang bertingkat dan dapat ditinggali bersama. Satuan dari banyak unit rumah pada bangunan tersebut dapat dimiliki secara terpisah. Bangunan yang dibangun secara vertikal dan secara horizontal semacam ini akan sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat luas.

Tujuan Pembangunan Rumah Susun

Mengacu pada Pasal 2 dan 3 dalam UURS, No. 16 di Tahun 1985, tujuan dari pembangunan rumah susun bisa dipahami sebagai berikut :

Pasal ke-2

Pembangunan rumah susun dilandaskan pada asas kesejahteraan umum dan keadilan, pemerataan, dan keserasian serta keseimbangan di dalam peri kehidupan.

Pasal ke-3

Tujuan pembangunan rumah susun adalah untuk :

  • Pemenuhan kebutuhan atas perumahan yang layak huni bagi masyarakat, terutama untuk golongan masyarakat dengan penghasilan yang rendah, serta menjamin adanya kepastian hukum pada pemanfaatannya
  • Meningkatkan daya guna serta hasil guna tanah di daerah perkotaan dan menjaga kelestarian sumber daya alam serta menciptakan lingkungan pemukiman secara lengkap, seimbang dan serasi.
  • Pemenuhan kebutuhan terhadap kepentingan lain yang berguna dalam kehidupan masyarakat dan tetap mengutamakan semua ketentuan.

Rumah Susun Sebagai Representasi Indonesia

Rumah susun tentu saja harus memenuhi syarat seperti halnya rumah biasa, yaitu bisa dijadikan tempat berlindung, bisa memberi rasa aman, jadi sarana sosialisasi serta memberi suasana yang nyaman juga harmonis bagi para penghuninya. Banyak yang bilang bahwa rusun di kota besar terkesan kumuh dan tidak terawat.

Semua itu tergantung dari perspektif masing-masing dan bagaimana cara penghuni selalu menjaga lingkungan mereka. Rumah susun yang banyak ditinggali orang dari berbagai daerah tentu saja membawa banyak kultur yang berbeda-beda, maka akan sangat penting untuk selalu menjaga toleransi supaya segala sesuatunya tetap kondusif. Apalagi jika di kota besar, pasti akan banyak pendatang.

Sikap saling menghargai sangat penting untuk menumbuhkan kesadaran akan adanya pemenuhan kebutuhan secara merata dan tidak boleh egois. Maka tak heran jika beberapa orang menganggap bahwa rusun merupakan bentuk penggambaran kebinekaan yang merepresentasikan Indonesia. Pemerintah memiliki andil yang besar juga atas itu, dan kita patut berterima kasih.