Dekorasi Rumah Paling Dicari Sepanjang Tahun

Spread the love

Memiliki rumah adalah impian semua orang, apalagi bagi yang baru menikah. Mereka pasti akan mencoba sebaik mungkin mengumpulkan uang supaya mereka bisa segera membeli rumah sendiri bersama keluarga kecilnya tanpa harus merepotkan orang tua mereka lagi. Memilih rumah sama halnya dengan memilih untuk sebuah kenyamanan

Contoh Ide Dekorasi Rumah Pilihan

Karena itu sangat penting bagi orang yang membeli rumah untuk mendekorasi interior rumah mereka secara keseluruhan agar mereka bisa betah kerasan berada di rumah. Secara psikologis, pemilik rumah akan lebih teliti dan rajin menjaga dan merawat kebersihan rumah supaya kondisi rumah tetap baik dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini adalah beberapa ide untuk dekorasi rumah yang bisa Anda coba.

  • Dekorasi dengan Memanfaatkan Ruang Kecil

Gaya dekorasi yang pertama adalah dengan memanfaatkan ruang kecil di rumah Anda. Saat ini semakin banyak tipe rumah yang lahannya tidak terlalu luas, apalagi jika di lingkungan perumahan baru yang menyediakan tipe rumah minimalis. Bagusnya adalah, rumah semacam itu tetap memiliki desain dan warna cat yang estetik dan modern.

Sehingga akan lebih mudah untuk mendekorasi rumah tersebut dengan memaksimalkan tampilan rumah yang sudah ada. Biasanya warna cat yang umum dipakai pada rumah di area perumahan modern adalah warna putih atau putih tulang, dilengkapi lampu putih di bagian teras, serta lampu warna bohlam pada bagian tertentu, misal di beberapa sudut taman. Kemudian untuk interior dalam rumah, untuk ruang yang sempit, akan lebih baik jika kita menggunakan furnitur yang memiliki berbagai fungsi sekaligus.

Misalnya adalah kasur yang bagian bawahnya terdapat lemari rak untuk menyimpan baju maupun peralatan. Lalu ada juga cara memanfaatkan furnitur seperti rak gantung yang bisa ditempel di dinding. Pastikan memilih rak dengan desain dan warna yang sesuai dengan warna tembok rumah kamu dan terbuat dari bahan yang kuat sehingga mudah untuk dipasang ke tembok.

Pastikan juga supaya dipasang dengan baik dan kuat supaya tidak mudah jatuh, lalu posisikan rak di bagian yang tidak mengganggu mobilitas Anda di rumah dan juga tidak rawan mengenai kepala. Anda bisa memasangnya di bagian ruang keluarga.

  • Tren Pemilihan Warna yang Menyatu

Pemilihan warna furnitur tentu akan memberikan pengaruh terhadap tingkat estetika interior Anda. Jangan asal memadu padankan warna karena bisa jadi malah membuat suasana di rumah semakin tidak nyaman. Jangan memaksakan pemilihan warna yang terlalu bertabrakan, lebih baik cari tahu dulu warna apa yang cocok, mungkin dengan membaca tips dan ulasan mengenai kombinasi warna yang bagus, baru Anda pergi untuk mencari furnitur yang Anda mau.

Ini bisa menghemat waktu Anda ketika membeli atau memilih barang. Selain warna, bentuk dan ukuran furnitur juga sama pentingnya. Tujuan Anda mendekorasi rumah selain memberi kesan indah adalah untuk mendapatkan kenyamanan. Maka jangan sampai ukuran furnitur yang terlalu besar mengganggu aktivitas Anda di dalam rumah. Ukuran yang terlalu besar akan membuat sebuah barang terlihat dominan dibanding yang lain.

Sedangkan salah satu faktor keindahan interior adalah keseimbangan yang ditampilkan dari masing-masing elemen dekorasi yang saling support satu sama lain. Tujuan utamanya adalah seperti menciptakan sebuah lukisan besar, bukan untuk memfokuskan kepada satu objek saja. Maka perhatikan dengan baik pemilihan ukuran dan warna furnitur Anda.

  • Desain Dudukan Lampu Kekinian

Memilih desain dudukan lampu juga bisa jadi alternatif untuk menambah nilai dekor di rumah Anda. Kita banyak melihat desain lampu gantung dengan dudukan lampu berbentuk bunga atau kuncup lalu diletakkan secara digantung berjejer dengan jarak tertentu. Kemudian warna lampu yang digunakan adalah warna kekuningan yang akan memberikan nuansa syahdu sekaligus vintage.

Lampu seperti ini biasa dipakai di cafe-cafe kekinian, maka tak ada salahnya untuk mencoba dekorasi tersebut supaya rumah Anda mengikuti mode kekinian. Atau bisa juga lampu tersebut digunakan sebagai lampu redup, yang biasa digunakan saat semua aktivitas di rumah selesai. Pemakaian lampu redup bertujuan agar rumah tidak terlalu gelap, namun konsumsi listriknya juga tak terlalu besar.

  • Desain Furnitur Inovatif dan Efisien

Anda juga bisa membuat desain furnitur yang unik sendiri misalnya dengan memanfaatkan barang bekas yang ada di sekitar rumah Anda, seperti pot, daun pintu kayu bekas, dan lain sebagainya. Pada kasus pot, Anda bisa memanfaatkannya lagi untuk digunakan sebagai pot gantung. Cobalah untuk membersihkannya dan mengecat ulang supaya tampilannya lebih menarik, kemudian pasangkan tali dengan kuat agar bisa menopang beban sesuai kebutuhan.

Kemudian Anda bisa manfaatkan pintu bekas untuk disulap menjadi sebuah rak susun yang bisa Anda letakkan di bagian sudut ruangan. Caranya adalah dengan membagi pintu jadi dua secara vertikal, lalu tekuk potongan dengan sudut 90 derajat agar muat di bagian sudut, lalu buat beberapa alas untuk membentuk rak. Itulah beberapa ide dekorasi paling dicari sepanjang tahun yang bisa Anda terapkan di rumah.